About Me

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم



Rofi’udin, lahir di Demak pada 1 Mei 1985. Hobinya membaca dan menulis. Saat ini, berdomisili dan bekerja di Magetan, Jawa Timur, sebagai Penyuluh Agama Islam pada Kantor Kementerian Agama Kab. Magetan.

Aktif di Aswaja NU Center Magetan, sebuah pusat kajian dan gerakan dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nahdliyah untuk membendung paham wahabi, ideologi trans-nasional, hingga aliran-aliran sesat dan radikal.

Pendidikan dasar dan menengahnya diselesaikan di kota kelahirannya, yakni di SDN Wonosari II (1997), MTs NU Demak (2000), dan MA NU Demak (2003). Selama menyelesaikan pendidikan menengah, sempat mencicipi pendidikan pesantren di Ponpes Al-Istiqomah Kembangan Demak. Sempat pula menjadi ketua OSIS, dan aktif di pramuka (Penegak Laksana, Satgas DKC, Saka Bhayangkara, Saka Taruna Bumi, dan Saka Pandu Wisata), IPNU, dan ISC (Islamic Studi Club).

Setamat dari Madrasah Aliyah, interest-nya pada kajian keislaman membawanya pada gelar Sarjana Theologi Islam (S.Th.I) yang diraih pada Jurusan Tafsir dan Hadits di Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang pada Februari 2008, dengan skripsinya yang berjudul “Kekekalan Akhirat dalam al-Qur’an (Studi Tematik dengan Pendekatan Teologis Filofosis).”

Sedangkan tesisnya yang berjudul “Konsep Kebahagiaan dalam Pandangan Psikologi Sufistik” mengantarnya pada gelar Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I) yang diraih pada PPs Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk Konsentrasi Psikologi Pendidikan Islam pada Juni 2012.

Selain minatnya pada kajian keislaman (utamanya teologi dan sufisme), ia juga tertarik pada kajian sejarah dan budaya, psikologi, hingga dunia internet. Selain mengidolakan Rasulullah SAW sebagai panutan utamanya, ia juga mengagumi Gus Dur sejak masih SD. Hampir segala buku tentang Gus Dur dilahapnya, baik pemikiran, sepak terjangnya, hingga humor-humornya yang khas.

Bersama istrinya yang salehah, Lucky Arsianti, saat ini ia dianugerahi dua putri yang cantik dan lucu, Quinsa Nadira el-Qudsi (5 tahun) dan Nadine Firdania el-Qudsi (3 tahun). Sehari-hari tinggal di Kebonagung Magetan. Contact person melalui email (ravi_alfarez85@yahoo.co.id) dan facebook.

(14/11/2014)

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين